EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SOCIAL NETWORK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2017 FAKULTAS EKONOMI UNIMED
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keefektifan penggunaan social network melalui kemandirian belajar terhadap Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan yang beralamat di jalan Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan ex-post facto. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2017 dengan jumlah sebanyak 102 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 mahasiswa. Instrument penelitian yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Angket terlebih dahulu diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji secara parsial (uji-t), uji secara simultan (uji-f). Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y= 49,664 + 0,456 X selanjutnya koefisien determinasi di peroleh R square sebesar 0,335 yang berarti sebesar 33,5 % variabel penggunaan social network memberikan pengaruh terhadap kemandirian belajar. Variabel X dengan perhitungan data diperoleh thitung >ttabel (4,915 >1,677). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel penggunaan social network terhadap variabel kemandirian belajar.