PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS GOAL, ROLE, AUDIENCE, SITUATION, PRODUCT AND STANDART (GRASPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN INOVASI PRODUK KREATIF PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN SMK BM PANCA BUDI MEDAN T.A 2020
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di SMK BM Panca Budi kelas XI AP 2020 dengan penerapan PjBL berbasis GRASPS. Sehingga dapat menjadi masukan bagi Lembaga Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan untuk dapat mengevaluasi penerapan model pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan metode Random Sampling. Analisis data dengan uji normalitas Shapiro Wilk dan uji paired sample t test homogenity. Uji instrumen menggunakan validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesulitan. Hasil analisis ini adalah nilai rata-rata pre-test 67,21 dengan standar deviasi 9,777 dan nilai rata-rata post-tes 78,49 standar deviasi 8,419. Uji normalitas diperoleh pre-test Lhitung> Ltabel adalah 0,091 > 0,05 dan post-test Lhitung> Ltabel adalah 0,054 > 0,05. Uji homogenitas menunjukkan nilai korelasi 852 dengan signifikansi dinyatakan homogen jika < 0,05, data memiliki varian yang sama yaitu Fhitng < Ftabel adalah 0,00 < 0,05. Hasil penelitian terkait standar inovasi produk kreatif menunjukkan hasil (I; 81.8; II; 80.3; III; 79.1; IV; 77.8 V; 86.3; VI; 79.3). Dapat disimpulkan bahwa penerapan PjBL berbasis GRASPS dapat meningkatkan hasil belajar dan inovasi produk kreatif.