PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas X SMK Swasta Jambi Medan T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Jambi Medan dengan jumlah siswa 283 siswa dan sampel sebanyak 71 siswa. Instrumen pengumpulan data ialah angket/ kuesioner dengan skala likert yang masing- masing telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan dengan uji t sedangkan untuk pengujian secara bersama- sama dilakukan uji f. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) hasil dari regresi linier berganda maka diperoleh persamaan yaitu,Y = 11,851 + 0,458 X1 + 0,391 X2, terdapat nilai konstan (a) sebesar 11,851, artinya jika variabel X1 dan X2 sebesar nol, maka variabel Perilaku Konsumtif (Y) memiliki nilai 11,851, selanjutnya untuk nilai koefisien regresi variabel X1 (b1) sebesar 0,458, artinya jika variabel X1 mengalami peningkatan satu satuan, sementara variabel Dukungan Teman Sebaya dianggap konstan, maka akan menyebabkan kenaikan pada variabel Perilaku Konsumtif sebesar 11,851. Sementara itu, nilai koefisien variabel X2 mengalami peningkatan satu-satuan dan variabel bebas lainnya bernilai tetap, maka variabel Perilaku Konsumtif(Y) mengalami kenaikan sebesar 11,851. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Intensitas Penggunaan Media Sosialterhadap Perilaku Konsumtifdengan nilai thitung(3,440) > ttabel (1,995). (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Dukungan Teman Sebayaterhadap Perilaku Konsumtif dengan nilai thitung (3,326) < ttabel (1,995). (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Intensitas Penggunaan Media Sosialdan Dukungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif dibuktikan melalui uji hipotesis secara simultan dengan Fhitung >Ftabel yaitu, ( 13,564> 3,13 ) dengan sumbangan atau kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 28,5%sedangkan sisanya dipengaruhi variabel yang tidak menjadi fokus penelitian.