Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar dan soft skill mahasiswa terhadap kesiapan kerja mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Program Studi Pendidikan Bisnis 2016 Universitas Negeri Medan, populasi sebanyak 96 Orang dan sampel menggunakan seluruh jumlah populasi. Instrument yang digunakan untuk mengukur kreativitas belajar, soft skill dan kesiapan kerja berupa angket yang berjumlah 23 soal variabel kesiapan kerja dan 20 soal untuk masing-masing variabel kreativitas belajar dan soft skill. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik Product Moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara simultan digunakan uji t, dan uji f Setelah uji validitas untuk variabel X1, X2, dan Y dilakukan dengan masing-masing variabel 25 instrumen hasilnya 23 instrumen soal variabel kesiapan kerja valid dan 20 instrumen soal untuk masing-masing variabel kreativitas belajar dan soft skill valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh hasil rhitung > rtabel 0,858 > 0,361 untuk kesiapan kerja, rhitung > rtabel 0,815 > 0,361 untuk kreativitas belajar dan rhitung > rtabel 0,828 > 0,361 untuk soft skill. Dan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan garis linear Y=26,578+0,310X1+0,422X2. Untuk uji t thitung > ttabel sebesar 2,359 > 1,665 dan nilai signifikan 0.020 < 0,05 untuk variabel kreativitas belajar dan t thitung > ttabel 3,199 > 1,665 dan nilai signifikan 0,002 < 0,05 untuk variabel soft skill. Uji f diperoleh fhitung sebesar 20,773 , sedangkan ftabel pada taraf kesalahan 5% diperoleh sebesar 3,10, berarti fhitung > ftabel (20,773 > 3,10) maka hipotesis ada pengaruh positif antara kreativitas belajar dan soft skill mahasiswa terhadap kesiapan kerja Program Studi Pendidikan Bisnis 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.