PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR BISNIS ONLINE PADA SISWA KELAS XI BDP SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya prestasi belajar bisnis online pada siswa” kelas XI BDP SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemandirian belajar dan adversity quotient terhadap prestasi belajar bisnis online pada siswa kelas XI BDP SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 7 Medan dengan populasi sebanyak 69 orang siswa dan sampel berjumlah 69 orang siswa yang diambil secara keseluruhan. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket kemandirian belajar dan adversity quotient dalam bentuk skala likert sebanyak masing-masing 20 item soal serta DKN mata pelajaran bisnis online siswa kelas XI BDP. Hasil analisis data menggunakan regresi linear berganda dan uji hipotesis dan disimpulkan bahwa kemandirian belajar dan adversity quotient berpengaruh terhadap prestais belajar bisnis online. Hal ini dilihat dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 25,675 + 0,497X1 + 0,412X2+ e. Selanjutnya dilihat dari nilai signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar bisnis online yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel dimana 2,874 > 1,996 dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05. Begitu juga nilai signifikan antara adversity quotient terhadap prestasi belajar bisnis online dimana nilai thitung > ttabel dimana 3,309 > 1,996 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05. Secara simultan (uji F) ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel dimana 31,243 > 3,130 dan nilai signifikan 0,00 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar dan adversity quotient berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar bisnis online siswa kelas XI BDP SMK Negeri 7 Medan.