Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Tteks Fabel Siswa Kelas VII SMP N 1 Pematang Bandar Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks fabel siswa kelas VII SMP N 1 Pematang Bandar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Pematang Bandar tahun pembelajaran 2019/2020.Untuk penelitian tersebut, diambil kelas VII-1 yang berjumlah 32 siswa melalui teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes menelah teks fabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP N 1 Pematang Bandar dalam menelaah teks fabel tergolong kedalam kategori baik dengan nilai ratarata 79. Hasil ini diperoleh berdasarkan aspek penilaian berupa aspek struktur yang memperoleh nilai rata-rata (82) dengan kategori baik dan aspek kebahasaan memperoleh nilai rata-rata (75) dengan kategori baik. Berdasarkan tabel distribusi presentase nilai kemampuan menelaah teks fabel siswa kelas VII SMP N 1 Pematang Bandar menunjukkan pada kategori sangat baik (25%), kategori baik (63%), dan kategori cukup (12%). Melalui penelitian ini diharapkan guru bahasa Indonesia dapat mengetahui kemampuan siswa dalam menelaah khususnya dalam menelaah teks fabel. Setelah mengetahui kemampuan siswa maka guru dapat lebih meningkatkan efektivitas pembelajaran menelaah teks fabel.