Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Kisaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran student team achivement division dengan strategi beach ball. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kisaran yang beralamat di jalan Madong Lubis no 5 kisaran pada semester ganjil dengan tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek siswa kelas XII IPS 3 yang berjumlah 36 orang siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu tidak ada siswa yang memiliki kemampuan berpikir yang sangat kritis, 17 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 47.22%, 19 siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase sebesar 52.78% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sebanyak 13 siswa dengan persentase 36.11% 20 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 55.55%, 3 siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase sebesar 8.33% dan tidak ada siswa masuk dalam kategori kurang kritis sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 21 siswa (58.33%) yang tuntas menjadi 32 siswa (88.89%) pada siklus II. Dari perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division dengan strategi beach ball untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar akuntansi siswa.