PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah Kebiasaan belajar siswa cenderung kurang baik dan tidak benar dan Rendahnya motivasi belajar yang dimiliki siswa dalam mengikuti kegiatan belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi, 3) pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan. Populasi penelitian ini berjumlah 108 siswa sedangkan sampel penelitian sebanyak 54 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Uji yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2) serta uji hipotesis yang terdiri dari uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 20.00. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 41,483 + 0,225X1 + 0,428X2 + e. Hasil uji-t thitung= 4,748 dengan taraf α= 5% (0,000 < 0,05) diperoleh untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh t thitung=9,121 dengan taraf α= 5% (0,000 < 0,05). Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung = 105,127 dengan taraf α= 5% (0,000 < 0,05) . Hasil uji determinasi (R2) adalah sebesar 0,805. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi, 2) ada pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi, 3) ada pengaruh signifikan kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan.