Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Medan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantu media Prezi lebih tinggi dari hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Konvensional, (2) untuk mengetahuin hasil belajar akuntansi siswa yang memiliki baik minat tinggi dan minat rendah yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantu media Prezi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Konvensinal, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran berbantu media dan minat terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Medan T.P 2019/2020 yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 144 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling berjumlah 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas X Ak-1 yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantu media Prezi dan 36 siswa kelas X Ak-2 yang diajarkan dengan metode Konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 opsi jawaban dengan jumlah soal sebanyak 15 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Untuk mendapatkan data tentang minat digunakan angkat berjumlah 40 soal yang telah divalidasi oleh psikolog. Uji normalitas menggunaka uji Liliefors sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Fisher dan uji Barlet. Teknik analisis data adalah Anova dua arah/faktor pada taraf signifikan ɑ = 0,05 yang dilanjukan dengan uji Scheffe. Berdasarkan analisis diperoleh hasil: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantu media Prezi lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Konvensional dengan nilai Sig. (0,000) < 0,05; (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan minat tinggi dan rendah yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantu media Prezi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode Konvensional dengan nilai Sig. (0,021) < 0,05; (3) terdapat interaksi antara mode pembeajaran berbantu media dan minat terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai Sig. (0,045) < 0,05.