Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya kesiapan kerja siswa SMK jurusan akuntansi di Kabupaten Dairi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh self efficacy terhadap kesiapan kerja siswa; (2) pengaruh adversity quotient terhadap kesiapan kerja siswa; (3) pengaruh pengalaman praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa; (4) pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap kesiapan kerja siswa; (5) pengaruh self efficacy, adversity quotient, pengalaman praktik kerja lapangan dan dukungan sosial keluarga terhadap kesiapan kerja siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan akuntansi di SMK Kabupaten Dairi berakreditasi A yang berjumlah 181 siswa dan sampel sebanyak 125 siswa dengan teknik pengambilan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan data menggunakan angket (kuesioner). Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) self efficacy berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja siswa; (2) adversity quotient berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja siswa; (3) pengalaman praktik kerja lapangan berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja siswa; (4) dukungan sosial keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja siswa; (5) secara simultan, self efficacy, adversity quotient, pengalaman praktik kerja lapangan dan dukungan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja siswa. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,038 atau 38 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.