Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendalami suatu permasalahan melalui analisis (elaborasi terhadap data empiris) hasil penelitian yang sudah ada dalam data penelitian sebelumnya yang berkenaan dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan model pembelajaran kooperatif yang akan diambil dari beberapa jurnal. Penelitian ini adalah riset kepustakaan sehingga data yang diperoleh berasal dari kumpulan literatur jurnal yang relevan dengan topik pembahasan yaitu kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan jurnal-jurnal terkait untuk kemudian dibaca dan dikaji. Setelah data terkumpul, dilakukan pengujian dan pembandingan data yang ditemukan. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan pengutipan pendapat-pendapat yang sesuai. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan tipe STAD dapat melalui keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan tipe STAD dilakukan dengan adanya suatu aktivitas dan interaksi yang dilakukan oleh setiap siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai suatu pestasi yang maksimal.