Upaya Guru Sekolah Dasar Dalam Mengatasi Kendala Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kec. Secanggang Kab. Langkat
Daftar Isi:
- Penelitian ini di lakukan berdasarkan fakta yang peneliti peroleh dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN di Desa Telaga Jernih Kec. Secanggang . Permasalahan yang dihadapi oleh kedua sekolah yang terdapat pada Desa Telaga Jernih tersebut adalah sarana dan prasarana, proses pembelajaran, perannorang tua, dan lingkungan belajar siswa pada saat pembelajaran daring yang dilakukan pada masa pandemi COVID-19. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menganalisis Upaya Guru Sekolah Dasar Dalam Mengatasi Kendala Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kec. Secanggang Kab. Langkat Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri di Desa Telaga Jernih Kecamatan Secanggang yang terhitung pada bulan Oktober hingga Desember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru-guru sekolah dasar di SDN di Desa Telaga Jernih. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 memiliki beragam kendala terkait sarana prasana internet, proses pembelajaran, peran guru dan orang tua, serta lingkungan belajar siswa. Permasalahan terkait sarana prasarana internet berupa jaringan internet yang kurang stabil dan siswa yang tidak memiliki gadget, terkait proses pembelajaran berupa penyampaian materi pelajaran melalui aplikasi, terkait peran guru dan orang tua berupa keterbatasan waktu dan kurangnya pengawasan, terkait lingkungan belajar siswa berupa rumah yang tidak kondusif. Beragam kendala tersebut dapat diatasi dengan pihak sekolah bekerjasama dengan orang tua dalam menyediakan wifi, saling meminjamkan gadget, membentuk kelompok belajar.