Analisis Kemampuan Literasi Anak Usia 5 - 6 Tahun Melalui Pembelajaran Daring TK Negeri Pembina 1 Medan
Daftar Isi:
- Literasi adalah kemampuan berbahasa seseorang yang mencakup kemampuan menyimak, membaca, berbicara, dan menulis yang digunakan untuk berkomunikasi dengan cara yang berbeda-beda sesuai dengan tujuannya. Banyaknya permasalahan dalam literasi diakibatkan kurangnya pembiasaan yang dilakukan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan literasi anak di TK Negeri Pembina 1 Medan kelas B pada Usia 5-6 tahun berjumlah 15 anak melalui pembelajaran daring di masa pandemik sekarang ini. Penelitan ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian yakni anak di TK Negeri Pembina 1 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif, yang mencakup tiga jalur yaitu; reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh yaitu, kemampuan menyimak rata-rata anak berada dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan jumlah rata-rata 58. Kemampuan membaca berada pada kategori mulai berkembang (MB) dengan jumlah rata-rata 23. Untuk kemampuan berbicara berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan jumlah rata-rata 31, sedangkan untuk kemampuan menulis berada dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan jumlah rata-rata 37. Dari analisis tentang kemampuan literasi anak di TK Negeri Pembina 1 Medan yang masih perlu dikembangkan lagi yaitu kemampuan membaca anak yang dikategorikan mulai berkembang. Apabila seorang anak sudah dapat membaca dengan baik maka kemampuan literasi lainnya seperti berbicara, menulis dan menyimak juga semakin baik lagi.