Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V SD Angkasa 2 Lanud Soewondo Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh perangkat pembelajaran yang belum memenuhi kriteria keefektifan di SD Angkasa 2 Lanud Soewondo Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik; 2) keefektifan perangkat pembelajaran berbasis pendekata matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 3) kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Angkasa 2 Lanud Soewondo Medan, dengan jumlah 41 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, buku ajar, lembar aktivitas siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, nilai rata-rata pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis pada uji coba I sebesar 45,00 meningkat menjadi 95,24 pada uji coba II; 2) perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, efektivitas ditinjau dari: a) persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal yang mencapai 95,24%; b) ketercapaian persentase waktu ideal aktivitas siswa untuk setiap kategori; dan c) rata-rata nilai kategori kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 4,8, termasuk kategori baik; 3) kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa terhadap tahapan pemecahan masalah matematis yaitu memeriksa kembali jawaban. Selanjutnya disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik sebagai alternatif pembelajaran