PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP GOOD SCHOOL GOVERNANCE PADA SMP NEGERI DI KOTA MEDAN
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah penerapan Good School Governance masih relatif kurang dan rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Sistem Pengendalian Internal, Kompetensi Sumber Daya Manusia, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Good School Governance Pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMP Negeri di Kota Medan sebanyak 45 sekolah. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 30 sekolah dengan menggunakan metode Random Sampling, dengan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat uji statistik SPSS. Berdasarkan hasil uji secara parsial dan simultan, penelitain ini menunjukkan bahwa Sistem Pengendalian Internal dan Pemanfaatan Teknologi Informasi berpegaruh signifikan terhadap Good School Governance. Hal ini dibuktikan dengan nilai siginifikansi Sistem Pengendalian Internal secara parsial (uji t) sebesar 3,741 dan lebih kecil dari 0,05, nilai signifikansi dari Pemanfaatan Teknologi Informasi secara parsial (uji t) sebesar 2,663 dan lebih kecil dari 0,05. Dan variabel Kompetensi Sumber Daya Manusia tidak memiliki pengaruh terhadap Good School Governance, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi Kompetensi Sumber Daya manusia secara parsial (uji t) sebesar 0,708 atau lebih besar dari 0,05. Kemudian, nilai signifikansi secara simultan (uji f) sebesar 15,420 atau lebih kecil dari 0,05.Kesimpulan penelitian ini adalah Sistem Pengendalian Internal, Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Pemanfaatan Teknologi Informasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Good School Governance Pada SMP Negeri di Kota Medan.