Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, kepraktisan dan respon siswa terhadap instumen tes berbasis pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan persamaan garis lurus di kelas VIII SMP/MTs dan mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan pada pokok bahasan persamaan garis lurus. Instrumen yang dikembangkan berbentuk soal uraian sebanyak 4 butir soal. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan yang menggunakan tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 31 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan instrumen tes berbasis pendekatan matematika realistik yang berkualitas dari aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, kepraktisan dan respon siswa. Hasil validasi menunjukkan skor rata-rata penilaian instrumen tes oleh ahli sebesar 92% dengan kategori sangat valid dan validitas butir tes dengan setiap butir dinyatakan “valid” karena thitung ≥ttabel. Reliabilitas butir tes instrumen yang dikembangkan memiliki reliabilitas “Tinggi” sebesar 0,69. Instrumen yang dikembangkan memiliki indeks kesukaran “Sedang” yaitu berada pada interval 0,30 <