Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dalam pembelajaran matematika melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dikelas VIII-F SMP Negeri 3 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-F SMP 3 Negeri Medan yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, Dalam peneliti ini digunakan alat pengumpulan data, yaitu tes kemampuan penalaran matematis siswa dan lembar observasi pembelajran pada guru dan lembar observasi pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII-F SMP Negeri 3 Medan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilaknakan pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas siklus I yaitu 59,88 menjadi 77,02 pada siklus II. Selain itu peningkatan juga terjadi pada ketuntasan klasikal siklus I 51,61% menjadi 87,1% pada siklus II. Maka disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.