PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS KELAS X SEMESTER I SMA PANCA BUDI MEDAN T.P 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus di SMA Panca Budi Medan T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan desain penelitian Two Group Pretes postes Design dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA SMA Panca Budi Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas eksperimen X MIA 1 berjumlah 33 orang dan yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan peta konsep dan kelas kontrol X MIA 2 berjumlah 33 orang yang diberi perlakuan model konvensional. Instrument yang digunakan yaitu tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 15 soal yang sudah divalidasi dan lembar penilaian aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen. Hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa di kelas eksperimen sebesar 73,7 dan di kelas kontrol sebesar 65,98. Dan peningkatan aktivitas siswa di setiap pertemuan mengalami peningkatan yang cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus di SMA Panca Budi Medan T.P 2019/2020.