EFEKTIVITAS PENERAPAN BUKU PENGAKARAN TANAMAN NANAS (Ananas comosus L.) ASAL SIPAHUTAR SECARA In vitro PADA PEMBELAJARAN KULTUR JARINGAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas buku Pengakaran Tanaman Nanas (Ananas comosus L.) asal Sipahutar Secara In vitro dalam meningkatkan: (1) kemampuan berpikir tingkat tinggi; (2) keterampilan proses sains; (3) kemandirian belajar; dan (4) sikap ilmiah mahasiswa pendidikan biologi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini berupa quasi eksperimen dengan menggunakan Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Pendidikan Biologi semester VIII (delapan) tahun ajaran 2018/2019. Sampel terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan buku berbasis riset pengakaran tanaman nanas sedangkan kelas B menggunakan buku ajar kultur jaringan tanaman. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis yaitu uji t test diperoleh bahwa: (1) buku Pengakaran Tanaman Nanas (Ananas comosus L.) asal Sipahutar Secara In vitro efektif meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (thitung=0,00; p=10,68); (2) buku Pengakaran Tanaman Nanas (Ananas comosus L.) asal Sipahutar Secara In vitro efektif meningkatkan keterampilan proses sains (thitung=9,678; p=0,00); (3) buku Pengakaran Tanaman Nanas (Ananas comosus L.) asal Sipahutar Secara In vitro efektif meningkatkan kemandirian belajar (thitung=5,315; p=0,00); (4) buku Pengakaran Tanaman Nanas (Ananas comosus L.) asal Sipahutar Secara In vitro efektif meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa (thitung=3;120 p=0,003).