Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan merupakan poin yang penting, aspek tersebut dipandang erat kaitannya dengan persepsi investor mengenai prospek yang dimiliki perusahaan. Nilai perusahaan yang tinggi menyebabkan tingkat kepercayaan investor kepada perusahaan tersebut juga semakin tinggi. Oleh sebab itu, perusahaan akan berusaha untuk mengoptimalkan nilai perusahaannya agar memiliki daya tarik di hadapan para investor dan calon investor. Pada penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018 sebanyak 50 perusahaan. Sampel penelitian sebanyak 18 perusahaan dengan metode purposive sampling, dengan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan yang diperoleh dari www.idx.co.id., https://finance.yahoo.com, maupun dari situs resmi perusahaan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier dan menggunakan uji statistik SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial bahwa Profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig 0,001. Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig 0,670. Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig 0,000. Pertumbuhan Penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig 0,344. Dan secara simultan profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig 0,000. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa secara parsial variabel profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dan secara simultan variabel profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap nilai perusahaan.