ANALISIS SOAL PENDALAMAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII BERDASARKAN KLASIFIKASI LEVEL KOGNITIF
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis Kompetensi Dasar (KD) dan distribusi soal dalam Buku Pendalaman Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII berdasarkan klasifikasi level kognitif serta jumlah dan persentasenya. Data dalam penelitian ini adalah Kompetensi Dasar (KD) kelas VIII semester II dan soal Buku Pendalaman Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII. Instrumen yang digunakan adalah tabel pedoman penentuan level kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwasannya kompetensi dasar bahasa Indonesia kelas VIII didominasi oleh level kognitif tingkat tinggi (HOTS). Dari 16 KD, terdapat 9 KD yang termasuk dalam kategori HOTS, 4 KD dengan kategori MOTS, dan 3 KD dengan kategori LOTS. Sedangkan analisis soal Buku Pendalaman Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII menunjukkan bahwasannya soal di dalam buku tersebut belum terdistribusi dengan baik. Untuk soal kategori LOTS sebanyak 14% (12 soal), soal kategori MOTS sebanyak 28% (24 soal), dan soal kategori HOTS sebanyak 58% (49 soal). Soal-soal yang terdapat dalam buku pendalaman buku teks bahasa Indonesia sudah mencakup ranah kognitif C1-C6, dan didominasi oleh soal kategori HOTS.