Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Menghasilkan media pembelajaran video animasi dengan sketchUP yang layak digunakan pada mata pelajaran KdUG dan (2)Mengetahui keefektifan media pembelajaran video animasi dengan sketchUP pada mata pelajaran KdUG untuk siswa kelas XI Program Keahlian DPIB di SMK Negeri 5 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Four–D), tahapan yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran menggunakan angket penilaian ahli media, ahli materi, dan uji coba kelompok kecil. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran, menggunakan instrumen tes hasil belajar siswa. Berdasakan hasil penelitian diketahui bahwa produk media pembelajaran berupa video animasi yang disajikan dalam Powerpoint. Penilaan dari ahli media dikategorikan “sangat layak” yaitu 80%. Penilaian dari ahli materi 1 yaitu 85,3% dan ahli materi 2 86,7% dikategorikan “sangat layak”. Hasil dari uji coba kelompok kecil yang dilakukan siswa didapatkan persentase 90,2% dikategoroikan “sangat layak”. Sedangkan Tes hasil belajar secara daring dengan google formulir dilakukan pada 31 siswa kelas XI DPIB-2 SMK Negeri 5 Medan memperoleh, peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran video animasi. Dengan jumlah rata – rata pre-test yang lebih rendah dibanding post-test yaitu 61 < 85, menggunakan analisis uji N-Gain sebesar 0,62 dikategorikan “sedang” atau “efektif”.