Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan modul pembelajaran gambar teknik sebagai bahan ajar mata pelajaran gambar teknik pada kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan sesuai dengan kriteria modul yang telah ditetapkan. (2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran gambar teknik sebagai bahan ajar mata pelajaran gambar teknik pada kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan berdasarkan ahli media dan ahli materi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE meliputi tahapan analisis (Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan implementasi (Implementation). Instrumen pengambilan data berupa angket dimana hasil data tersebut untuk menguji kelayakan modul melalui validasi ahli media, ahli materi dan pengguna (siswa). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa modul Gambar Teknik sebagai media pembelajaran yang mengacu pada kurikulum 2013 revisi yang terdiri dari 6 bab materi pembelajaran. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli media mendapat 89,18% dengan kategori sangat layak, hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi mendapat 89,24% dan hasil pengujian kelayakan dari pengguna yang terdiri dari 15 siswa memperoleh 87,19% dengan kategori sangat layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran Gambar Teknik layak digunakan pada siswa kelas X Jurusan Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.