PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER I MAN 3 MEDAN T.P 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Kelas XI Semester I MAN 3 Medan T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Two Group Pretes – Posttes Design. Populasi seluruh siswa kelas XI Semester I MAN 3 Medan T.P 2019/2020 yang berjumlah 6 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI MIA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA-6 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar keterampilan proses sains berbentuk essay test yang terdiri dari 6 soal dan lembar observasi aktivitas keterampilan proses sains siswa. Uji hipotesis menguunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 37,27 dan kelas kontrol sebesar 39,97. Nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen sebesar 79,00 dan kelas kontrol sebesar 66,83. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan berbeda pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata aktivitas keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen pada pertemuan I adalah 39,1 dalam kategori kurang aktif, pertemuan II adalah 62,6 dalam kategori cukup aktif dan pertemuan III adalah 84,4 dalam kategori aktif. Hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 3,863 dan ttabel =1,672, karena t¬hitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Scientific Inquiry terhadap Keterampilan Proses Sains siswa pada materi Elastisitas Dan Hukum Hooke di Kelas XI Semester I Man 3 Medan T.P. 2019/2020.