Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas XI MAN 1 Medan yang diberi pembelajaran daring menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Matematika Realistik (PMR) yang dikembangkan, (2) menghasilkan LKPD berbasis PMR yang praktis, dan (3) menghasilkan LKPD berbasis PMR yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel dengan model 3D (define, design, develop). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas sebelas MAN 1 Medan, kelas XI MIA 4 pada Uji Coba I dan kelas XI MIA 5 pada Uji Coba II. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP, tes, dan LKPD untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan berpikir kritis, angket respon peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik termasuk dalam kategori tinggi dalam dua kali uji coba. Rerata peningkatan (gain) kemampuan berpikir kritis pada uji coba pertama adalah 0,90. Dan rerata peningkatan (gain) kemampuan berpikir kritis pada uji coba kedua adalah 0,76. (2) kepraktisan tercapai dilihat dari penilaian praktikalitas oleh ahli dan dengan keterlaksanaan pembelajaran yang berada pada kategori baik. (3) keefektifan LKPD tercapai setelah uji coba kedua, dilihat dari pada uji coba II ketuntasan belajar klasikal mencapai 88,56% artinya telah memenuhi indikator, seluruh tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan terpenuhi, waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa, serta respon peserta didik yang menerima pembelajaran termasuk positif dalam kedua uji coba.