Hubungan Komunikasi Interpersonal Siswa dengan Guru dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Siswa Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Patumbak
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Komunikasi Interpersonal Siswa dengan Guru dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Siswa Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Patumbak. Komunikasi Interpersonal Siswa dengan Guru merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Namun, Komunikasi Interpersonal tersebut tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya strategi yang benar oleh guru. Populasi penelitian ini adalah siswa/siswi OTKP Kelas X di SMK Negeri 1 Patumbak dengan jumlah sampel 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran angket, dan dokumentasi. Angket yang disebarkan sebanyak 20 item untuk angket Komunikasi Interpersonal dan 20 item untuk angket Keaktifan Belajar. Sebelum angket diberikan kepada sampel terlebih dahulu angket tersebut di uji cobakan untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitas. Uji asumsik klasik yang dilakukan adalah uji normalitas, linieritas dan multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial (uji-t), uji hipotesis secara simultan (uji-f) dan uji determinasi (R2). Dari hasil analisis data dengan regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 69,496+ 0,127 X1 + 0,083 X2, uji-t pada variabel (X1) diperoleh thitung > ttabel = (3,526 > 1,684) dan variabel (X2) memperoleh thitung > ttabel = (3,338 > 2,00), sedangkan uji-F menghasilkan nilai Fhitung > Ftabel (63,031 > 3,23). Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,807 yang berarti Komunikasi Interpersonal Siswa dengan Guru dan keaktifan Belajar memiliki hubungan sebesar 87% terhadap Hasil Belajar Korespondensi di SMK Negeri 1 Patumbak.