Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui analisis hasil penelitian dari beberapa skripsi dan jurnal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur (Library Research) dikarenakan keterbatasan peneliti dalam melakukan penelitian kelapangan karena adanya pandemi COVID-19. Peneliti memanfaatkan perpustaakan serta media internet dalam melakukan penelitian studi literatur ini. Peneliti menganalisis hasil penelitian praktis dan efektif yang peneliti dapat dari dua buah skripsi dan dua jurnal yang relevan dengan penelitian yang akan peneliti lakukan. Berdasarkan hasil analisis melalui beberapa literatur yang telah peneliti temukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dikatakan demikian karena memenuhi kriteria efektif melalui : a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal melalui uji coba lapangan ditinjau dari tingkat kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis; b) ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran uji coba lapangan; c) respon peserta didik aktif dalam proses pembelajaran atau termasuk dengan kategori baik; d) waktu pembelajaran pada uji coba lapangan dengan pencapaian waktu pembelajaran biasa tidak terdapat perbedaan.