Pengembangan Model Pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak Toba Untuk Membentuk Karakter Siswa
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Model pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak Toba yang layak digunakan sehingga dapat membentuk karakter siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kabupaten Humbang Hasundutan; dan Model pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak Toba yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kabupaten Humbang Hasundutan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Humbahas serta siswa sebanyak 22 sekolah sebagai uji coba penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat model pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak Toba yang dikembangkan valid dan efektif, Hasil Belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak Toba adalah dari persentase pencapaian Hasil Belajar meningkat menjadi 91.67%; dan rata-rata respon siswa tentang seberapa pentingnya nilai-nilai pendidikan karakter sebesar 91% sudah melebihi batas minimal yang di tentukan yaitu sebesar ≥ 80%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sudah mempunyai respon positif terhadap nilai-nilai pendidikan karakter