Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepraktisan modul pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan software autograph, untuk menganalisis keefektivan modul pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan software autograph, serta untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui modul pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan software autograph. Data diperoleh melalui lembar validitas modul pembelajaran terdiri dari lembar validasi RPP dan lembar validasi tes kemampuan kreatif matematis, angket respon siswa dan pedoman wawancara guru terhadap modul pembelajaran dan instrumen efektivitas modul pembelajaran dilihat dari hasil tes kreatif matematis siswa. Pengembangan modul dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D (define, design, develop, disseminate). Hasil penelitiannya yaitu siswa dan guru menyatakan bahwa perangkat yang dikembangkan mudah digunakan, kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh ketuntatasan klasikal dengan presentase 87,5%, kadar aktifitas siswa memenuhi kriteria toleransi waktu ideal yang ditetapkan, respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran adalah positif. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada ujicoba I sebesar 77,9 meningkat pada ujicoba II menjadi 81,64.