Daftar Isi:
  • Penelitian inibertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) pada matakuliah Sprechfertigkeit Für Fortgeschrittene. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) bedasarkan model pengembangan ADDIE. Setelah memalui beberapa tahapan proses pengembangan, penelitian pengembangan ini menghasilkan satu media pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Matakuliah Sprechfertigkeit Für Fortgeschrittene Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Unimed yang terdiri dari 6 (enam) menu utama yaitu Kata Pengantar, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Redemittel (ungkapan), Latihan dan Profil. Hasil dari penelitian ini (1)Hasil validasi ahli materi pada aspek penilaian Panduan dan Informasi total skor yang diperoleh adalah 56 dengan rata-rata skor 4,67 dengan predikat sangat layak. Selanjutnya untuk penilaian materi multimedia memperoleh skor 154 dengan rata-rata skor 4,67 dengan predikat sangat layak. Selanjutnya pada evaluasi memperoleh skor 113 dengan rata-rata skor 4,7 dengan predikat sangat layak. (2) Hasil validasi Ahli media (kontruksi media) memberikan skor berjumlah 43 dengan rata-rata skor 4,7 dengan predikat sangat layak. Kemudian, hasil validasi ahli pada aspek penilaian materi multimedia, ahli memberikan skor berjumlah 146 dengan rata-rata skor 4,86 dengan predikat sangat layak. Selanjutnya, hasil validasi ahli pada aspek penilaian Sistematika, Estetika dan Prinsip Media, ahli memberikan skor berjumlah 146 dengan rata-rata skor 4,78 dengan predikat sangat layak. (3) Hasil uji coba lapangan dengan mahasiswa dan dosen didapatkan respondengan akseptansi sangat tinggi hal tersebut terlihat dari rata-rata Panduan dan Informasi 4,41(sangat tinggi), Materi Multimedia 4,56 (sangat tinggi), Evaluasi 4,40(sangat tinggi), Disain dan fasilitas 4,34(sangat tinggi) serta Efek Pedagogi 4.45(sangat tinggi) (4) Hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Sprechfertigkeit Für Fortgeschrittene sebelum menggunakanMultimedia Interaktif Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) adalah 56 sedangkan hasil belajar pada matakuliah Sprechfertigkeit Für Fortgeschrittene setelah menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) adalah 83. Jadi selisih yang diperoleh sebesar 48,21% dari sebelum dan sesudah menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL). Pada pengujian hipotesis, dilihat dari output SPSS diperoleh nilai si(2-tailed) = 0.00- < alpha = 0.05, yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan Multimedia Interaktif berbasis Contextual Teaching and Learning pada Matakuliah Sprechfertigkeit für Fortgeschrittene Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Unimed. Jadi dapat disimpulkan bahwa kualitas media pembelajaran yang dibuat “sangat baik” dan “sangat layak untuk diterapkan.