Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh sosial ekonomi orangtua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa di SMA RK Deli Murni Bandar Baru Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya sosial ekonomi orangtua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di SMA Rk Deli Murni Bandar Baru tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA RK Deli Murni Bandar Baru Jl. Jamin Ginting, KM 47, Bandar Baru Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah 107 Siswa dan Sampel dalam penelitian ini yaitu85 Siswa dengan teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan SPSS 20, untuk variabel sosial ekonomi orangtua (X1), memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (Y) diperoleh nilai thitung>ttabel (4,651>1,663), hasil yang diperoleh untuk lingkungan teman sebaya (X2) terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (Y) diperoleh nilai thitung>ttabel (7,951>1,663). Untuk menguji hipotesis secara simultan menggunakan uji F dengan taraf signifikan 95% diperoleh Fhitung>Ftabel ( 61,571> 2,72). Pada perhitungan regresi linear berganda diperoleh persamaan Regresi berganda Y = 31,679 + 0,254 X1 + 0,499 X2 + e. Untuk hasil perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien sebesar 60% menunjukan bahwa pengaruh sosial ekonomi orangtua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 60% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara sosial ekonomi orangtua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di SMA RK Deli Murni Bandar Baru Tahun Ajaran 2019/2020.