Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Gender Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa (2) pengaruh perbedaan gender (laki-laki dan perempuan) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah studi literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan buku-buku dan jurnal-jurnal terkait untuk kemudian dibaca dan dikaji. Setelah data terkumpul, dilakukan pengujian dan pembandingan data yang ditemukan. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan pengutipan pendapat-pendapat yang sesuai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. (2) Terdapat pengaruh perbedaan gender (laki-laki dan perempuan) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini terlihat dari banyaknya teori-teori belajar dan penelitian terdahulu yang relevan mendukung adanya pengaruh antara model pembelajaran berbasis masalah dan gender terhadap kemampuan komunikasi siswa. .