Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa; (2) mendeskripsikan apakah peningkatan self efficacy siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa; (3) mendeskripsikan apakah terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa; (4) mendeskripsikan apakah terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan self efficacy siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan sampel sebanyak 68 siswa dari dua kelas acak. Kelas Eksperimen diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sedangkan kelas kontrol diajar dengan menggunakan model pembelajaran biasa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan angket self efficacy siswa. Analisis data dilakukan dengan ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan terhadap hasil kemampuan pemecahan masalah yaitu hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada yang diajar dengan model pembelajaran biasa; (2) Terjadi peningkatan terhadap hasil self efficacy yaitu hasil self efficacy matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada yang diajar dengan model pembelajaran biasa; (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis; (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal terhadap peningkatan self efficacy matematis.