Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Scientific Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bahan ajar berbasis scientific inquiry yang dikembangkan dapat meningkatkan respon peserta didik dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Bahan ajar Fisika yang dikembangkan dan tes keterampilan berpikir kritis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Pematang Siantar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ada tiga yaitu angket yang digunakan untuk validasi bahan ajar oleh tim ahli materi dan desain, penilaian guru fisika dan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis scientific inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis scientific inquiry telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan bahan ajar berbasis scientific inquiry sebesar 0,53 kategori sedang.