Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hubungan positif antara (1) kemampuan literasi sains dan hasil belajar biologi siswa (2) sikap ilmiah dan hasil belajar biologi siswa (3) kemampuan literasi sains dengan retensi siswa (4) sikap ilmiah dengan retensi siswa (5) kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah dengan hasil belajar biologi siswa (6) kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah dan retensi siswa kelas XII. Penelitian ini dilakukan di MAN Tapanuli Selatan tahun 2020. Metode penelitian adalah metode penelitian deskriptif korelasional regresi linear dengan sampel penelitian sebanyak 110 siswa yang ditentukan secara total sampling (sampel total). Instrumen penelitian terdiri atas tes kemampuan literasi sains, angket sikap ilmiah siswa, tes hasil belajar dan retensi siswaInstrumen yang digunakan ang telah diuji validitas, reabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis regresi linear sederhana dan berganda menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat hubungan positif antara (1) Kemampuan literasi sains dan hasil belajar biologi siswa dengan r2=48,6% (2) Sikap ilmiah dan hasil belajar biologi siswa dengan r2=11,6% (3) Kemampuan literasi sains dengan retensi siswa r2=58,7% (4) Sikap ilmiah dengan retensi siswa dengan r2=13,7% (5) Kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah dengan hasil belajar biologi siswa dengan R2=49% (6) Kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah dan retensi siswa R2=59,2% pada kelas XII MIA MAN Tapanuli Selatan.