Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran menggunakan media virtual dan kemampuan berpikir matematis terhadap hasil belajar matakuliah kimia umum setelah mengontrol pengetahuan awal. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Medan pada semester genap tahun akademik 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Sampel penelitian ini 52 orang yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kovarian (ANKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar mata kuliah kimia umum II antara kelompok mahasiswa yang diberi model PBL menggunakan media virtual lebih tinggi dibandingkan kelompok mahasiswa yang diberi model pembelajaran langsung dengan menggunakan media virtual setelah mengontrol pengetahuan awal; (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir matematis terhadap hasil belajar mata kuliah kimia umum II setelah mengontrol pengetahuan awal; (3) untuk kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir matematis tinggi, hasil belajar mata kuliah kimia umum II antara kelompok mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung dengan menggunakan media virtual setelah mengontrol pengetahuan awal; (4) untuk kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir matematis rendah, hasil belajar mata kuliah kimia umum II antara kelompok mahasiswa yang diajar model PBL menggunakan media virtual berbeda secara signifikan dengan kelompok mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung dengan menggunakan media virtual setelah mengontrol pengetahuan awal.