Pengembangan Media Pembelajaran Public Speaking berbasis Multimodal Digital pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Politeknik Pariwisata Medan
Daftar Isi:
- Media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mutlak ada dalam sebuah proes pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk itu, pengembangan media pembelajaran public speaking berbasis multimodal digital perlu dilakukan. Terkait dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran public speaking berbasis multimodal digital , (2) menjelaskan kelayakan media pembelajaran public speaking berbasis multimodal digital, dan (3) menjelaskan keefektifan media pembelajaran public speaking berbasis multimodal digital. Penelitian ini berbentuk penelitian pengembangan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia di Politeknik Pariwisata Medan. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang terdiri atas tiga tahap, yakni studi pendahuluan, pengembangan produk awal, dan uji coba produk yang melibatkan 32 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran public speaking berbasis multimodal digital dinyatakan sangat layak oleh semua ahli: ahli materi menilai 93,75%, ahli media menilai 92,50% , ahli desain menilai 90,63%, dan ahli bahasa menilai 94,02%. Dari segi efektivitas, media yang dikembangkan ini sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa: dari kategori sedang (58,75%) menjadi kategori sangat baik (89,93). Dengan demikian, media ini sangat baik dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran public speaking pada mata kuliah Bahasa Indonesia.