MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI RECIPROCAL PADA POKOK BAHASAN CERITA ANAK DI KELAS VI SD NEGERI NO. 108075 DELI TUA BARAT T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam Penelitian ini adalah apakah strategi reciprocal dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah: “Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Strategi Reciprocal Pada Pokok Bahasan Cerita Anak Di Kelas VI SD Negeri No. 108075 Deli Tua Barat T.A. 2019/2020”. Penelitian ini dapat memperbaiki minat belajar dan akan berdampak pada prestasi siswa. Berdasarkan uraian dari kajian teoritis dan kerangka berfikir, maka ditentukan hipotesis tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu “Terdapat Peningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Strategi Reciprocal Pada Pokok Bahasan Cerita Anak Di Kelas VI SD Negeri No. 108075 Deli Tua Barat T.A. 2019/2020”. Penelitian ini merupakan metode penelitian tindakan kelas (action research). Penelitian ini dijalankan dengan 4 langkah : planning, action, observation, reflection. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 108075 Deli Tua Barat. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2020 s/d Maret 2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri No. 108075 Deli Tua Barat Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 34 orang. Objek penelitian ini adalah minat belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok bahasan cerita anak dengan menggunakan strategi reciprocal. Setelah diberikan tindakan pada siklus I diperoleh data penelitian dari 34 siswa dimana 23 siswa (67,65%) yang sudah tuntas dalam belajar dan sisanya 11 siswa (32,35%) yang belum tuntas dalam belajar. Kemudian nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 81,54. Hal tersebut mengungkapkan bahwa pembelajaran siklus I belum berhasil. Kemudian setelah dilaksanakan penelitian pada siklus II, maka diperoleh data dari 34 siswa bahwa 31 siswa (91,17%) sudah tuntas dalam belajar, dan sisanya adalah 3 siswa (8,83%) belum tuntas dalam belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus 87,31. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Peningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Strategi Reciprocal Pada Pokok Bahasan Cerita Anak Di Kelas VI SD Negeri No. 108075 Deli Tua Barat T.A. 2019/2020”.