Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan komunikasi matematis melaui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, hal ini dapat terjadi karena, melalui model pembelajaran TTW siswa lebih memahami materi dan lebih terlibat aktif dalam proses pembelajara. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah Motivasi yang diberikan guru dalam upaya meningkatkan semangat belajar siswa, partner/anggota kelompok agar setiap kelompok memiliki kemampuan yang seimbang, kesempatan yang diberikan guru agar siswa diberikan ruang dan kesempatan untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran secara bertahap sehingga siswa dapat menggali ide-ide matematiknya dan dikembangkan kembali sehingga menemukan makna dari proses pembelajaran