Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar tema musyawarah dalam muatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SD Negeri Percobaan Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share; untuk mengetahui pengaruh sikap sosial siswa; untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan sikap sosial serta pengaruhnya terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas V SD Negeri Percobaan Medan yang berjumlah 60 orang yang terbagi dalam 2 kelas, kelas Eksperimen diberikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan kelas Kontrol diberikan model pembelajaran Konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar. Hal ini terlihat dari hasil ANAVA adanya peningkatan hasil belajar PKn yang signifikan rata–rata 91,97 pada kelas eksperimen, lebih tinggi dari rata–rata 70,37 untuk kelas kontrol. (2) Terdapat pengaruh sikap sosial terhadap hasil belajar. Hal ini terlihat dari hasil ANAVA bahwa rata-rata hasil belajar PKn dengan sikap sosial tinggi 80.61 lebih tinggi dari kelas kontrol 76,81 sedangkan sikap sosial rendah pada kelas eksperimen rata- rata hasil belajarnya adalah 67,28 lebih rendah pada kelas kontrol yaitu 67. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan sikap sosial serta pengaruhnya terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil temuan penelitian, bahwa semakin tinggi sikap sosialnya maka lebih tinggilah nilai hasil belajar yang diperolehnya. Begitu juga sebaliknya semakin rendah sikap sosialnya maka semakin rendahlah nilai hasil belajar yang diprolehnya.