ANALISIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Adobe Flash dengan Problem Solving berbantuan Adobe Flash pada materi laju reaksi di SMAN 6 Padangsidimpuan. Populasi penelitiannya ialah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 6 Padangsidimpuan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Sampel yang dipilih yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan model Problem Based Learning berbantuan media Adobe Flash dan kelas XI mia 3 sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan Model Problem Solving berbantuan media Adobe Flash. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua kelompok sampel tersebut berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test, hasil penelitian ini menunjukkan pada hipotesis 1 dihasilkan nilai signifikansi sebesar 0,00 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Apabila nilai signifikansi < α maka Ho ditolak. Dengan demikian, menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Adobe Flash dengan Problem Solving berbantuan Adobe Flash.sedangkan untuk hipotesis 2 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,036 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Apabila nilai signifikansi < α maka Ho ditolak. Dengan demikian, menunjukkan terdapat korelasi antara aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan Problem Solving berbantuan media Adobe Flash.