ANALISIS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DAN XI SMA NEGERI 1 TARUTUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 BERDASARKAN ASPEK KOGNITIF TAKSONOMI ANDERSON
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebaran berdasarkan aspek kognitif Taksonomi Anderson serta sebaran kompetensi dasar dan indikator pada soal ujian akhir semester ganjil biologi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tarutung Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah soal ujian akhir semester ganjil mata pelajaran biologi kelas X dan XI. Sampel penelitian berjumlah 25 soal pada setiap tingkatan kelasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif survey. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara mengambil soal yang telah terdokumentasi. Data kemudian dianalisis sesuai dengan kata kerja operasional aspek kognitif Taksonomi Anderson serta dikelompokkan sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator pada silabus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Soal didominasi oleh ranah kognitif level mengingat (C1) dan memahami (C2) dengan persentase kognitif level C1 sebesar 38%, C2 sebesar 34%, C3 sebesar 16%, C4 sebesar 10%, C5 sebesar 2% dan C6 sebesar 0%.(2). Persebaran Kompetensi dasar pada soal belum merata, (3) serta persebaran Indikator pada soal juga belum merata.