Optimalisasi Desain Promosi Media Sosial Dan Manajemen Pemasaran Usaha Club Parfum Di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Main Authors: Surip, M., Wuriyani, Elly Prihasti, SN, Raden Burhan
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/41349/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/41349/
Daftar Isi:
  • Club Perfume Tembung dan Bandar Klippa ini unit usaha di bidang wewangian di di jalan Medan – Batang Kuis. Unit usaha ini fokus pada isi ulang (refill) minyak wangi. Kedua unit usaha ini memiliki masalah manajemen pemasaran produk yang diseabkan menjamurnya toko parfum, menurunnya daya beli karena wabah virus COVID-19, dan kurang optimalnya penggunaan media sosial dalam menjalin relasi dengan kostumer. Oleh karena itu, diperlukan pengelolahan dan promosi untuk meningkatan daya saing. Metode pelaksanannya yang digunakan yaitu dengan pengamatan langsung serta observasi melalui wawancara dengan mitra terkait kondisi yang terjadi. Selanjutnya menanalisis masalah lalu menentukan solusi yang akan dibuat. Solusi yang diusulkan oleh pengabdi adalah perubahan pola pemasaaran konvensional dan online yang berfungsi untuk mengumpulkan (collect) data konsumen/pelanggan. Kemudian pengoptimalan 2 chanel marketing yakni email dan media sosial Instagram untuk menjalin hubungan kedekatan dengan kostumer. Marketing online berupa desain konten visual multimedia. Hasil diperoleh luaran bentuk komunikasi visual yang diunggah di dua chanel tersebut dan juga materi bundling yang memanfaatkan situasi terkini: Stay At Home.