Pelatihan Dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Bagi Guru-Guru SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
Main Authors: | Armayanti, Nelly, Mardhiyah, Ainul, Pramana, Dodi, Siahaan, Sabda Dian Nurani |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/41314/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/41314/ |
Daftar Isi:
- Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah membantu para pendidik dalam mengatasi beberapa masalah yang sedang dihadapi perihal pembelajaran dalam jaringan. Masalah tersebut muncul disebabkan karena kondisi Covid 19 sekarang ini dan kebijakan pemerintah dalam melaksanakan kuliah daring. Masalah lain yang dihadapi pendidik adalah kurangnya pengembangan perangkat pembelajaran untuk menarik minat siswa dalam belajar. Oleh karena itu diperlukan pelatihan dan pendampingan sekaligus pengembangan perangkat pembelajaran dengan metode daring di program keahlian administrasi perkantoran pada tingkat SMK. Dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk pelaksanaan pembelajaran jarak jauh atau daring maka guru atau pendidik di tuntut untuk kreatif dan inovatif dalam mengubah metode pembelajaran dan memanfaatkan media atau jaringan internet. Oleh karena itu pendidik dipandang perlu untuk mendapatkan pelatihan sekaligus pendampingan dalam merancang perangkat pembelajaran bagi guru-guru SMK. Untuk mencapai target dalam merancang perangkat pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran daring maka kegiatan pengabdian yang dilakukan antara lain; 1) Pelatihan Penyusunan Rencana Program Pembelajaran (RPP) dengan metode daring; 2) Pendampingan penyusunan bahan ajar; 3) Pelatihan penggunaan media daring 4) Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).