PENGARUH E-LEARNING QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa dikelas XI IIS SMA Negeri 5 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran E-Learning Quipper Schoollebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Medan pada Semester Genap. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di XI IIS SMA Negeri 5 Medan, Jl. Pelajar No.17 Teladan Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 72 orang. Sampel yang digunakan, kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing kelas terdiri dari 38 orang. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, realibilitas tes. Tehnik analisis data yang digunakan yaituuji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan thitung> ttabel pada α = 0,05 Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest X = 53,02 ; SD = 11,65 dan postes X = 70,39; SD = 11,17. Sedangkan kelas kontrol pretes X = 49,60 ; SD = 13,09 dan postest adalah X = 68,15 ; SD = 9,75. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 4,680 sedangkan ttabel = 1,708. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,680 > 1,708 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran E-Learning Quipper School lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Medan.