Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. 2 Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. 3.Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui metode statistik. Hasil analisis regresi memperoleh peramaan garis regresi: Y = 3,866 + 0,505 X_1 + 0,013 X_2 Kesimpulan yang dapat diambil dari persamaan tersebut adalah: “Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kercedasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 Universitas Negeri Medan yang ditunjukkan oleh bahwa nilai thitung > ttabel (2,110 > 2,004) dengan signifikan 0,022 < 0,05, “Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang ditunjukkan oleh thitung > ttabel (2,613 > 2,004) dengan signifikan 0,022 < 0,05 “Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan nilai Fhitung = 11,844 > Ftabel = 3.17 dengan signifikan 0,01 < 0,05 dengan R-Square sebesar sebesar 0,664 atau sebesar 66,4% nilai tersebut menunjukkan bahwa besarnya sumbangan (kontribusi) variabel kecerdasan emosional dan kepercayaan diri mampu menjelaskan variasi naik turunnya prestasi belajar sebesar 66,4% dan sisanya sebesar 33,6% dipengaruhi oleh faktor lain, dimana faktor-faktor tersebut tidak diteliti dalam penelitian ini.