Penyusunan Instrumen Evaluasi Berbasis High Order Thinking Skills Bagi Guru Administrasi Perkantoran SMK PAB 3 Medan

Main Authors: Siregar, Ellys, Simanullang, Rotua SP., Saragih, Lenti
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/41295/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/41295/
Daftar Isi:
  • Tujuan kegiatan ini adalah membantu Guru-guru mata pelajaran Kearsipan Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK SWASTA PAB 3 Medan dalam mengatasi beberapa masalah yang sedang dihadapi dalam pembelajaran Kearsipan. Masalah tersebut muncul disebabkan karena sebagian guru yang mengajar di prodi Administrasi Perkantoran bukan lulusan Pendidikan Administrasi Perkantoran. Masalah lain yang dihadapi guru-guru meliputi kompetensi professional atau penguasaan penyusunan instrumen evaluasi mata pelajaran Kearsipan. Guru-guru Administrasi Perkantoran belum menguasai cara mengembangakn instrument penilaian yang berbasis High Order Thinking skill dalam pembelajaran. Untuk itu dipandang perlu melakukan pelatihan dalam rangka penguatan kompetensi professional dan pedagogik guru Kearsipan Program studi Administrasi Perkantoran di SMK SWASTA PAB 3 Medan. Adapun target khusus dari kegiatan pengabdian ini, dihasilkannya; 1) Kompetensi Profesional guru Kearsipan semakin Meningkat, 2) kemampuan guru menyusun instrument penialaian berbasis HOTS semakin meningkat, 3) tersusunnya Instrumen Evaluasi berbasis HOTS; dan 4) Adanya dokumentasi pelaksanaan Open Class. Untuk mencapai target tersebut rencana kegiatan pengabdian yang akan dilakukan adalah Pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran termasuk pendampingan pengembangan instrumen penilaian pembelajarans berbasis high order thinking skill.