Daftar Isi:
  • Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian dan Communication Skills guru terhadap prestasi belajar marketing siswa kelas X Pemasaran SMK BM Budi Agung Medan T.A 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa Tentang kepribadian dan communication Skills Guru terhadap prestasi belajar marketing siswa Kelas X Pemasaran SMK BM Budi Agung Medan T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X pemasaran SMK BM Budi Agung Medan dengan jumlah 38 siswa. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan sampel 38 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 20 butir, kuesioner dinyatakan reliable dengan Alpha Cronbach 0,634 untuk variabel persepsi siswa tentang kepribadian guru dan 0,684 untuk variabel communication skills guru. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar marketing. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, analisis regresi linear berganda, determinasi R2 dan untuk menguji hipotesis digunakan Uji T, uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linear berganda pada penelitian ini yaitu, Y = 61,919 + 0,005X1 + 0,213X2. Selain itu determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,057 atau 5,7%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara persepsi siswa tentang kepribadian guru terhadap prestasi belajar marketing siswa. 2) Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara communication skills guru terhadap prestasi belajar marketing siswa. 3) terdapat pengaruh secara tidak langsung antara persepsi siswa tentang kepribadian guru dan communication skills guru terhadap Prestasi belajar marketing siswa.