Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Medan dikarenakan faktor lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah siswa yang kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Medan dan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Medan yang berjumlah 144 siswa. teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sebanyak 85 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma, PLS Bootstrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakanUji-t. Hasil analisis yang diperoleh rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loading lebih tinggi dari 0,6. Dari data perhitungan, umtuk hipotesis lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat belajar siswa diperoleh thitung sebesar 2,164 sedangkan ttabel sebesar 1,989 yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Selanjutnya untuk hipotesis lingkungan sekolah berpengaruh terhadap minat belajar siswa diperoleh thitung sebesar 4,476 sedangkan ttabel sebesar 1,989 yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh terhadap minat belajar siswa.