PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA HUMAS KELAS XI AP SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.A 2020/2021
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Patumbak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa Kelas XI AP SMK Negeri 1 Patumbak T.A 2020/2021. Penelitian ini adalah Penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Patumbak T.A 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AP yang berjumlah 107 orang. Teknik penentuan sampel dilakukan menggunakan Proportional Random Sampling. Maka sampel yang digunakan adalah kelas XI AP1 18 orang, Kelas XI AP2 17 orang dan kelas XI AP3 17 orang dan total sampel sebanyak 52 orang siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan kusioner/angket sebanyak 47 pernyataan yang sudah divalidkan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, Analisis Regresi Linier Berganda, uji hipotesis, uji t, uji F, koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan Fhitung>Ftabel(10.278>3,19) dan nilai sig (0,000<0.05). Hal ini berarti bahwa hipotesis diterima,dimana secara bersama-sama kedua variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat. Sehingga dapat disimpulkan media audio visual dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Patumbak T.A 2020/2021. Koefisien determinasi (R2) dalam penelitian ini adalah R Square 29,6%. Nilai tersebut berarti bahwa sebesar 29,6%, peningkatan hasil belajar siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Patumbak dapat dijelaskan melalui Media Audio Visual dan Motivasi Belajar. Sedangkan sisanya 70,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.